Penerimaan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) Kementrian Keuangan Sebanyak 4920 Taruna Terbaru Maret 2017

Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Sebagai contoh, STAN merupakan PTK di bawah naungan Depertemen Keuangan, STIS berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik, dan AMG berada di bawah naungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. PTK memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan perguruan tinggi lain. Antara lain, biaya kuliah yang terjangkau, bahkan gratis dan fasilitas ikatan dinas.

Ikatan dinas adalah fasilitas yang diberikan oleh beberapa PTK di mana lulusannya mendapat jaminan pekerjaan saat lulus, dan diangkat sebagai pegawai tetap di mana sebagian besar merupakan Pengawai Negeri Sipil (PNS). Bahkan untuk sebagian PTK, terdapat fasilitas penggangkatan sebagai CPNS walaupun mahasiswa yang bersangkutan belum menyelesaikan pendidikannya. Sebagian PTK juga memberikan fasilitas gaji atau uang saku kepada mahasiswanya, baik yang telah diangkat sebagai CPNS ataupun belum. Jika ada pendapat bahwa semua PTK itu memiliki fasilitas ikatan dinas, pendapat itu salah. Namun, semua PTK memiliki akses jenjang karir sebagai pegawai di lembaga pemerintah yang membawahinya. Sehingga untuk sebagian PTK mewajibkan lulusannya mengikuti tes CPNS terlebih dahulu sebelum diangkat sebagai CPNS di lembaga pemerintah yang dimaksud.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memberitahukan kepada Putra-Putri terbaik lulusan SMA atau sederajat.
Pada Tahun Anggaran 2017 akan dibuka penerimaan Calon Siswa-siswi/Taruna-Taruni pada Kementerian/Lembaga yang mempunyai Lembaga Pendidikan Kedinasan, sebagai berikut:

Peserta melakukan pendaftaran secara online melalui portal www.panselnas.id sesuai dengan penjadwalan tersebut pada angka satu
Peserta hanya boleh mendaftar di salah satu dari 8 instansi atau lembaga pendidikan kedinasan sebagaimana tersebut pada angka 1 dan apabila mendaftar di angka dua atau lebih lembaga kedinasan maka yang bersangkutan secara otomatis dinyatakan gugur
Seleksi dilakukan secara bertahap di masing-masing Kementerian atau lembaga. Salah satu tahapan seleksi adalah seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan computer assisted test CAT. Tahapan seleksi selanjutnya diatur oleh masing-masing Kementerian atau lembaga.

 

Setiap peserta yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti skd dikenakan biaya Rp50.000 per peserta berdasarkan PP nomor 63 tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara. Teknis pembayaran akan diatur lebih lanjut dengan surat edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara
Untuk lembaga pendidikan kedinasan pada kementerian keuangan Kementerian Perhubungan Badan Pusat Statistik serta badan meteorologi klimatologi dan geofisika selain dipungut biaya tersebut pada angka enam dipungut pula biaya pendaftaran lain yang diatur oleh masing-masing instansi atau lembaga pendidikan kedinasan. (Published by openkerja.com)
Peserta dapat mengikuti pendidikan apabila telah dinyatakan lulus keseluruhan tahapan seleksi
Pengangkatan menjadi CPNS dilakukan setelah dinyatakan lulus pendidikan serta memperoleh ijazah dari lembaga pendidikan kedinasan yang bersangkutan dan ditempatkan pada jabatan tertentu berdasarkan usulan dari Kementerian atau lembaga (yang bersangkutan dan pemerintah daerah yang melakukan pola pembibitan bagi lulusan STTD) berdasarkan formasi yang ditetapkan oleh Menteri PANRB

1. Kementerian Keuangan (PKN STAN)

Jumlah diterima: 4.920 Orang

Kementerian Keuangan Republik Indonesia akan menerima putra putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan pada Politeknik Keuangan Negara STAN dengan pilihan program studi sebagai berikut:
Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara
Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai
Program Studi Diploma I Pajak
Program Studi Diploma III Akuntansi
Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara
Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai
Program Studi Diploma III Manajemen Aset
Program Studi Diploma III Pajak
Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilaian
Program Studi Diploma IV Akuntansi

Tahapan seleksi terdiri dari:
Tahap I (Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggri) tanggal 16 April 2017
Tahap II (Tes Kesehatan dan Kebugaran) tanggal 8 s.d 13 Mei 2017
Tahap III (Tes Kompetensi Dasar) tanggal 5 s.d 9 Juni 2017

Lulusan Program Studi Diploma I, Diploma III, dan Diploma IV dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan formasi yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.

Selengkapnya silahkan klik disini dan disini

loading...

Leave a reply "Penerimaan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) Kementrian Keuangan Sebanyak 4920 Taruna Terbaru Maret 2017"

Author: 
author